Pembuatan akte, paspor, visa, dan kutipan akte kelahiran anak di LN

Setelah kelahiran anak, ada sederetan hal yang harus dilakukan, khususnya untuk pencatatan sipil, seperti akte, paspor, visa, dan kutipan akte di Indonesia. Nah, yang pertama setelah keluar RS adalah bikin akte kelahiran atau registrasi kelahiran di kota tsb.

  1. Akte kelahiran

Disini harus mendaftarkan kelahiran anak dalam waktu 42 hari setelah anak lahir. Hal ini bisa kita lakukan melalui website Borough untuk pilih jadwal. Perlu diketahui, Borough untuk mendaftarkan kelahiran anak adalah Borough lokasi RS anak tsb lahir, bukan Borough tempat tinggal kita. Karena kemarin putri kami lahir di RS Chelsea-Westminster jadi harus daftar di web borough RBKC ini.

Setelah dapat jadwal, bisa langsung datang ke Town hall untuk register birth dengan membawa berkas-berkas yang diminta. Jika, orang tua menikah bisa salah satu saja yang datang (maklum disini kan banyak yang punya anak tapi tidak menikah). Jadi, untunglah bisa bapaknya saja yang mendaftar, secara ibunya mager habis lahiran.

Berikut syarat-syarat untuk register birth dan mendapatkan akte kelahiran anak (versi Inggris):

  • the red book from the hospital, or
  • the hospital discharge notes (kertas yang dikasih sama RS saat mau pulang(
  • passport(s) or birth certificate(s) for parents
  • £4.00 for each certificate (cash, or card payment)

Kami sekalian bikin lebih dari satu akte kelahiran, karena jika buat tidak saat birth registration, biayanya lebih mahal, 10 Pound untuk satu copy akte kelahiran. Oia, siapkan juga nama lengkap ayah dan ibu, serta pekerjaan ayah-ibu (karena tertera di akte anak pekerjaan kita loh…. misalnya kalau Prince George, pekerjaan ayah-ibu nya Prince-Princess. Hmm.. tapi jangan nyontek mereka yah, ngimpi namanya, hehe…).

 

2. SKL (Surat Keterangan Lahir)

Untuk anak yang lahir di LN, KBRI setempat bisa membuatkan SKL, yang akan bermanfaat untuk membuat paspor dan untuk melakukan pencatatan sipil di Indonesia nantinya. Pengajuan SKL bisa melalui portal setelah lapor diri online dengan mengisi form. Berikut adalah syarat yang harus dibawa:

  • paspor kedua orang tua (asli dan fotokopi)
  • akta kelahiran anak (asli dan fotokopi)
  • surat nikah orang tua (asli dan fotokopi)

 

3. Paspor anak

Agar tidak bolak-balik ke KBRI (karena anaknya harus datang kesana langsung), saat mengajukan untuk buat SKL, sekalian isi form untuk pembuatan paspor anak di portal yang sama. Nanti, bisa pilih jadwal kedatangan ke KBRI untuk pembuatan paspor dan bayar biayanya 20 Pounds. Paspor bisa jadi setelah kurleb 3 hari kerja. Syarat-syarat pembuatan paspor anak:

  • Lapor diri – input nomor akte kelahiran
  • Formulir permohonan paspor (diisi online)
  • Surat keterangan lahir (SKL)
  • Passport-size photo (4 x) – latar putih
  • Standard birth certificate (asli dan fotokopi)
  • paspor kedua orang tua (asli dan fotokopi)
  • visa/BRP orang tua (asli dan fotokopi)
  • surat nikah orang tua (asli dan fotokopi)
  • kartu keluarga (jika ada). (asli dan fotokopi)

Untuk foto passport-size baby bisa ke Snappy Snaps, jadi juga anteng bayi di fotoin dan hasilnya, lumayan, hehe… karena sudah di edit-in sama mereka. Kita pertama foto sendiri di rumah pakai sprei putih tapi terlalu banyak shadow jadinya khawatir kalau ditolak visa-nya.

uk7

si ade bulet foto visa di Snappy

 

4. Visa Inggris

Nah, setelah paspor jadi, baru proses selanjutnya adalah pembuatan izin tinggal anak di Inggris. Visa ini harus dibuat sebelum anak 3 bulan, karena katanya setelah 3 bulan fasilitas NHS tidak gratis lagi (makanya harus buat visa dan bayar NHS). Jadi, allow enough time untuk bikin visa ini karena prosesnya memakan waktu 8 minggu!

Untuk anak yang lahir di Inggris, visa Dependant (Child) bisa apply online di website https://visas-immigration.service.gov.uk/product/pbs-dependant-child

Biaya visanya sekitar £460 dan juga harus bayar biaya NHS £150 per tahun-nya (tergantung sampai kapan main applicant visa-nya berlaku). Setelah apply online, bayar visa dan NHS, kita kirim semua persyaratan paling lambat 15 hari kerja setelah tanggal pengajuan aplikasi online. Dokumen persyaratan yang perlu dikirimkan (harus asli, tidak boleh copy) adalah:

  1. Paspor
  2. Akta lahir anak
  3. Pas foto anak 2 lembar (ukuran 3.5cm x 4.5cm)
  4. Bukti keuangan (bank statement) – mereka minta bank statement yang di print di bank dengan letterhead bank dan di stamp di setiap halamannya. Jadi, untuk amannya pastikan minta stempel. Untuk syarat minimal depositnya, kurang tahu juga tapi bisa merujuk ke website ini atau ini. Jika ditambahkan surat sponsor mungkin juga bisa.

Selain mengirimkan dokumen syarat visa, anak juga harus foto biometrik di kantor pos yang mendukung, cek disini. Bayarnya 19.2 pounds. Nah, harus dikondisikan juga supaya anak bisa difoto dengan baik, menghadap kamera dan mata terbuka. Susah sekali untuk Symphony kemarin karena sudah ditunggu 1 jam lebih juga tidak bisa bangun tidur terus (masih usia di bawah 1 bulan), jadi ya susah tegak dan mata merem. Alhamdulillah tapi diterima juga dengan foto biometrik seperti itu.

Setelah selesai biometrik, tinggal tunggu proses umunya 8 minggu. Paspor akan dikembalikan lewat pos. Sedangkan BRP akan dikirimkan sekitar 5-7 hari kerja setelah paspor diterima, lewat kurir yang memerlukan ttd kita di rumah.

 

5. Catatan sipil untuk administrasi Indonesia

Urusan LN beres, sekarang tinggal mengurus administrasi di Indonesia. Untuk mendaftarkan kelahiran anak sekaligus dapat kutipan akte lahir anak, untuk Jakarta bisa datang ke Dinas catatan sipil di Grogol dan mengisi formulir disana. Biasanya sampai dapat kutipan akte lahir prosesnya 5 hari kerja.

Syarat-syarat yang harus dibawa:

1. Foto copy sertifikat / akta kelahiran luar negeri asli (dan terjemahannya jika ada).
2. Surat keterangan kelahiran (SKL) dari KBRI setempat
3. Foto copy KK dan KTP Orang Tua
4. Foto copy Pasport Republik indonesia kedua orang tua dan anak
5. Foto copy kutipan buku nikah orang tua
6. Mengisi formulir permohonan
7. Surat kuasa (jika diwakilkan)
Setelah jadi kutipan akte kelahiran anak proses selanjutnya adalah memasukkan nama anak ke dalam KK. Nah, ini silahkan dirujuk ke RT/RW/Kelurahan/Kecamatan setempat.
Selamat mengurus! 🙂