Sholat dimana?(mana)

Selama bepergian, tentu selalu kepikiran nanti sholat dimana ya? Kalau di Indonesia, tentu mudah karena mushola atau masjid bisa dijumpai dimana saja. Tapi kalau sedang di luar UK? Hmmm…

Untuk di UK, sebenarnya tidak terlalu susah juga jika kita mencari masjid. Kalau ke luar London, umumnya kota besar ada masjid. Apalagi di London, lumayan mudah mencari masjid atau tempat sholat kalau kita sedang jalan-jalan di city center, beberapa yang saya tau ada di:

  • Mayfair Islamic center – Jika sedang jalan-jalan di area Hyde Park corner
  • Selfridge – di lantai 4 sebelah costumer service
  • Southbank center jika ke area sekitar Big Ben/London Eye
  • ICCUK – kalau ke area Madame Tussauds/Baker st atau Regent’s Park
  • Westfield London – di basement 3 buat yang nge-mall mania
  • Juga di tiap bandara, rumah sakit, kampus, selalu ada tempat ibadah (ada yang khusus untuk muslim, ada juga yang campur). Kalau di Birmingham, bahkan di stasiun kereta api nya ada mushola (saking mayoritasnya muslim di kota itu), nyaman…
  • List map masjid di UK: https://mosques.muslimsinbritain.org/maps.php#/town/London
IMG_0018

Mushola di Selfridge

Namun, jika kami tidak menemukan tempat sholat yang khusus, ada beberapa alternatif:

  • Taman

Sebenarnya kurang nyaman bagi kami untuk sholat di ruang terbuka. Tapi, biasanya ini hanya kalau ‘kepepet’ tidak memungkinkan untuk jamak (biasanya karena all day long di tempat wisata) dan tidak ada tempat tertutup untuk sholat setelah dicari. Untuk ini, harus cari tahu juga awalnya apakah peraturan negara yang bersangkutan memperbolehkan ibadah di tempat umum.

Selama di UK, kami ‘cuek’ saja karena memang lumayan lumrah. Kami juga ikutan saat di theme park pas summer… ada area piknik, dan banyak yang sholat gelar sajadah disana terus lanjut makan. Ok deh, ternyata tidak apa-apa. Waktu ke beberapa di theme park, akhirnya kami mencari picnic area yang agak sepi, tidak banyak lalu lalang orang, gelar sajadah dan sholat. Tapi risiko sholat di ruang terbuka ya kadang tidak konsen. Jangan lupa untuk menaruh ‘…. Di depan sajadah karena mungkin saja banyak orang lewat di depan saat sholat.

Saat di Disneyland US, juga kami mencari pojok yang lumayan jarang orang lewat, gelar sajadah dan sholat. Karena sulit sekali mencari tempat yang sepi ataupun picnic area seperti di theme park UK.

 

  • Ruang First Aid

Saat di Universal Studio kami kesulitan mencari ruang ataupun tempat terbuka yang agak sepi untuk sholat. Lagipula lebih was-was rasanya kalau sholat di ruang terbuka di area wisata yang seperti itu. Akhirnya, kami memberanikan diri mengetuk pintu ruang First Aid dan meminta izin apakah kami boleh numpang sholat disana. Awalnya agak cemas dijawab atau ditolak, tapi Alhamdulillah…. Allah mudahkan kami untuk shoat di dalam sana, tentu saat sedang tidak ada pasien / digunakan untuk P3K.

Kalau di UK, sebaliknya malah tidak memungkinkan untuk kami sholat di ruang P3K theme park, jadi di luarnya atau di area piknik saja. Sebab, disini cuek-cuek saja mau sholat di ruang terbuka pun.

 

  • Ruang bayi

Keuntungan membawa anak kecil atau bayi, kita bisa menggunakan ruang tertutup untuk menyusui juga ganti popok. Nah, biasanya setelah itu selesai, kita bisa stay sebentar untuk sholat. BIasanya kita sholat di ruang bayi di Legoland Windsor. Lumayan… terlindung dari hujan ataupun becek kalau sholat di luar.

 

  • Kendaraan

Nah, ini biasanya kalu sudah kepepet waktu dan tempat. Benar-benar dalam perjalanan selama waktu sholat dan tidak memungkinkan untuk menemukan tempat sholat yang ‘aman’.

Begitulah beberapa ide atau alternative sholat dimana, jika sedang bepergian…. Wallahu’alam bishawab…